Mengenal Konsep Konsep OOP
Program adalah suatu bentuk aplikasi atau bisa juga disebut software yang dibuat dengan menggunakan Bahasa Pemrograman dan dapat menyelesaikan suatu Tugas, Fungsi, Perhitungan dengan menggunakan computer.Bahasa Pemrograman merupakan kumpulan perintah-perintah yang dimengerti komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Sedangkan Pemrograman atau Programming merupakan teknikuntuk membuat suatu Program dengan menggunakan Bahasa Pemrograman.
Setiap objek memiliki Atribut dan Method.Atribut adalah segala sesuatu yang terhubungan dengan karakteristik objek. Seperti Tipe, Model, Pintunya dan Warna Catnya merupakan salah satu atribut dari ruangan sedangkan Method dari Rumah adalah dapat melindungi dari panas, hujan, angin. Jadi Method merupakan Fungsi atau segala sesuatu yang dapat dilakukan Objek.
Abstraksi
Enkapsulasi
Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming) merupakan teknik membuat suatu program berdasarkan objek. dengan tujuan untuk menyelesaikan kompleksnya berbagai masalah program yang terus meningkat dan mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada dalam kehidupan nyata.Dalam paradigma ini, sesuai dengan model kehidupan nyata, segala bagian (entiti) dari suatu permasalahan adalah objek. Objek-objek ini kemudian juga dapat berupa gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil Untuk lebih memudahkan pemahaman tentang objek, saya beri sebuah contoh :
Meja, Kursi, Jam Dinding dan yang lainnya merupakan contoh objek
Objek yang disebutkan tadi umumnya berada didalam sebuah ruangan, ruangan apabila kita melihatnya dari sebuah rumah bisa juga dikategorikan sebuah objek dan rumah jika dilihat dari cara pandang yang lebih luas lagi juga merupakan objek. Jadi sebuah Objek merupakan suatu bentuk atau model yang tergantung dari cara pandang objek dimaksud
Objek
Merupakan dasar dari sebuah modul dan struktur dalam sebuah program komputer yang berorientasi objek. Misalnya dari kelas ruangan tadi yang dapat kita definisikan secara lebih spesifik dan mendetail, sesuai dengan ciri fisik yang nyata dari objek tersebut.
Dalam bahasa teoretis OOP, Objek berfungsi untuk membungkus data dan fungsi bersama menjadi satu unit dalam sebuah program komputer. Objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.
Setiap objek memiliki Atribut dan Method.Atribut adalah segala sesuatu yang terhubungan dengan karakteristik objek. Seperti Tipe, Model, Pintunya dan Warna Catnya merupakan salah satu atribut dari ruangan sedangkan Method dari Rumah adalah dapat melindungi dari panas, hujan, angin. Jadi Method merupakan Fungsi atau segala sesuatu yang dapat dilakukan Objek.
class yaitu template atau semacam cetakan untuk membuat objek. Class merupakan cetakan yang mendefinisikan variabel-variabel dan method-method secara umum. Objek merupakan hasil instansiasi dari suatu class. Proses pembentukan objek dari suatu kelas disebut sebagai instantiation. Objek disebut juga sebagai instances.
Abstraksi
Merupakan kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses
olehnya atau kemampuan untuk mefokus pada inti. Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari pelaku abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan perubahan keadaannya, dan berkomunikasi dengan objek lainnya dalam sistem,tanpa mengungkapkan bagaimana kelebihan ini diterapkan. Proses, fungsi atau metode dapat juga dibuat abstrak, dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan sebuah pengabstrakan.
olehnya atau kemampuan untuk mefokus pada inti. Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari pelaku abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan perubahan keadaannya, dan berkomunikasi dengan objek lainnya dalam sistem,tanpa mengungkapkan bagaimana kelebihan ini diterapkan. Proses, fungsi atau metode dapat juga dibuat abstrak, dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan sebuah pengabstrakan.
Enkapsulasi
Merupakan sebuah metode yang memastikan pengguna tidak dapat mengubah sebuah objek secara bebas, hanya metode dalam objek tersebut yang bisa mengakses keadaannya. Dalam kata lain mengontrol hak akses pengguna dalam melakukan perubahan pada suatu objek.
Karena antara objek yang satu dengan yang lainnya itu saling berinteraksi.
Contoh: jam tangan. Dalam hal ini, penting sekali untuk mengetahui waktu, sedangkan cara jam mencatat waktu dengan baik antara jam bertenaga baterai atau bertenaga gerak tidaklah penting kita ketahui.
Pewarisan merupakan pewarisan atribut dan method dari sebuah class ke class lainnya. Class yang mewarisi disebut superclass dan Class yang diwarisi disebut subclass. Subclass bisa berlaku sebagai superclass bagi class lainya, disebut sebagai multilevel inheritance.
Contoh : terdapat class sepeda dan sepeda gunung. Sepeda termasuk superclass. Sepeda gunung termasuk subclass. Hal ini dikarenakan sepeda gunung memiliki variabel dan method yang dimiliki oleh sepeda.
Seprti Penghitungan dalam matematika.Matemtika menjadi super class dan class hitung menjadi sub class.karena hitung memiliki variabel atau method yang sama dengan class matematika.
Seprti Penghitungan dalam matematika.Matemtika menjadi super class dan class hitung menjadi sub class.karena hitung memiliki variabel atau method yang sama dengan class matematika.
Prinsip dasar inheritance yaitu persamaan-persamaan yang dimiliki oleh beberapa kelas dapat digabungkan dalam sebuah class induk sehingga setiap kelas yang diturunkannya memuat hal-hal yang spesifik untuk kelas yang bersangkutan.
Polimorfisme
Polimorfisme adalah sebuah konsep yang menyatakan bahwa sesuatu yang sama bisa memiliki bentuk yang berbeda. Metode tertentu yang berhubungan dengan sebuah pengiriman pesan tergantung kepada objek tertentu di mana pesan tersebut dikirim. Contohnya, bila sebuah burung menerima pesan "gerak cepat", dia akan menggerakan sayapnya dan terbang. Bila seekor singa menerima pesan yang sama, dia akan menggerakkan kakinya dan berlari. Keduanya menjawab sebuah pesan yang sama, namun yang sesuai dengan kemampuan hewan tersebut. Ini disebut polimorfisme karena sebuah variabel tungal dalam program dapat memegang berbagai jenis objek yang berbeda selagi program berjalan, dan teks program yang sama dapat memanggil beberapa metode yang berbeda di saat yang berbeda dalam pemanggilan yang sama. Hal ini berlawanan dengan bahasa fungsional yang mencapai polimorfisme melalui penggunaan fungsi kelas-pertama.
sumber:http://arvanzark.blogspot.com/2012/11/mengenal-konsep-konsep-oop.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar