Yamaha YZF-R25 Vs Kawasaki New Ninja 250 (2)
Plus Minus Di Mata Pembalap Tentang Desain Fairing Kedua Pacuan
Penulis : Nurul
Foto : Herry AXL

Berbicara desain bodi,
kedua kontestan ini punya perbedaan yang cukup jelas. Sepertinya
designer Yamaha dan Kawasaki punya tujuan tersendiri dalam membentuk
desain bodi produk mereka. Bukan cuma tampilan sporti yang dikejar, tapi
juga memperhitungkan kemampuan membelah angin saat digunakan.
Ketika dipacu di lintasan sirkuit, tingkat
aerodinamis fairing atau cover bodi baru akan terasa. Ini karena
umumnya di sirkuit punya embusan angin yang lebih besar karena tidak
terhalang oleh benda atau bangunan. Tentu ini akan berpengaruh pada
kemampuan lari dan handling.
Nah, soal desain bodi ini, Nico Julian
lebih memilih New Ninja 250R. Alasannya, “New Ninja punya desain fairing
yang lebih ramping dan meruncing di bagian depan. Desain ini membuat
motor lebih mudah untuk membelah angin dari depan. Sehingga performa
mesin bisa dipaksa bekerja maksimal karena tidak tertahan oleh angin,”
ujarnya.
Beda dengan R25, desain fairing terlihat
besar di depan, dan baru meruncing ke belakang. Analisa Nico, desain
seperti itu membuat lajut R25 akan sedikit tahanan di bagian depan.
Terlebih ketika angin berembus kencang dari depan. Akibatnya, sudah
pasti membuat akselerasipun jadi sedikit tertahan. “Namun, desain bodi
yang besar di depan juga punya keuntungan. Hantaman angin dari depan
bisa dimanfaatkan untuk memberikan tekanan lebih pada roda depan ke
aspal. Sehingga traksinya jadi lebih menggigit yang berimbas pada
handling. (www.motorplus-online.com)
sumber:http://news.motorplus-online.com/read/HfcVdNUUxZ0XLDPnE60m_fzZiySKR78uvnU1rxIkG04/4/0/Plus-Minus-Di-Mata-Pembalap-Tentang-Desain-Fairing-Kedua-Pacuan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar