Animasi Komputer
Pengertian Animasi Komputer
Merupakan cara atau proses membuat
animasi dengan menggunakan komputer. Animasi komputer atau animasi
CGI(Computer generated Imagery) ini sendiri merupakan sebuah proses yang
digunakan untuk menghasilkan sebuah gambar atau animasi itu sendiri
dengan menggunakan komputer grafis. Dengan menggunakan Animasi CGI kita
dapat membuat suatu animasi dengan adegan yang statis dan dinamis,
sedangkan animasi komputer hanya mengacu pada sebuah gambar yang
bergerak.
Pada dasarnya, animasi komputer merupakan
penerusan dari animasi tradisional (stop motion) dengan digitalisasi.
Animasi komputer ini menggunakan 3D (frame by frame) .

Sejarah Animasi Komputer
Animasi komputer pada awalnya dikembangkan di Bell Telephone Laboratories (1960) oleh Edward E. Zajac,
Frank W. Sinden, Kenneth C. Knowlton, dan A. Michael Noll. Animasi
digital lainnya juga dipraktekkan di Lawrence Livermore National
Laboratory.
Awalnya, animasi komputer ini digunakan
untuk penelitian ilmiah. Pertengahan 1970-an, teknik ini masuk ke media
publik. Banyak komputer grafis saat ini yang melibatkan penggambaran
2-dimensi, meskipun semakin banyak, seiring daya komputer meningkat,
upaya untuk mencapai 3-dimensi realisme menjadi penekanan untuk
perkembangan animasi komputer. Pada akhir 1980-an, foto-realistis 3-D
mulai muncul di film bioskop, dan pada pertengahan 1990-an telah
dikembangkan ke titik di mana 3-D animasi dapat digunakan untuk produksi
film keseluruhan.
Cara Kerja Animasi Komputer
Tipe dan Jenis Animasi Komputer
1. Tipe Animasi Komputer- Animasi 2D merupakan animasi yang sering dijumpai. Animasi 2D ini sering disebut sebagai animasi kartun. Pada tipe ini, animasi diciptakan dengan menggunakan gambar 2D. Contohnya : Doraemon, Sinchan, dll.
- Animasi 3D merupakan perkembangan atau lanjutan dari animasi 2D. Pada animasi 3D ini, animasi diciptakan dengan menggunakan gamabr 3D tentunya. Sehingga animasi yang dihasilkan lebih detail, realistis, nyata dan hampir menyerupai aslinya. Contohnya : Finding Nemo, Shrek, dll.
» Komputer Assist
Beberapa contoh pertama dari animasi komputer komersial secara
tradisional menggunakan bantuan komputer. Hal ini bisa dalam bentuk
komputer yang memproduksi ” perantara” atau gambar yang menghubungkan
dua inputan yang sama oleh seniman (sehingga memungkinkan seniman untuk
menggambar karakter lebih sedikit). Komputer animasi pembantu pertama
kali digunakan dalam sebuah film animasi di “The Mouse Detective Besar”
Disney pada tahun 1986. Sebuah adegan dalam film berlangsung didalam
jam, dan roda gigi mekanik kompleks benar-benar diberikan dalam komputer
sebagai kawat-frame grafis sebelum dipindahkan ke sel, di mana mereka
bersatu dengan unsur-unsur lain dari TKP. Teknik yang sama digunakan
oleh Disney dalam film kemudian seperti “Beauty and the Beast” (1991),
“Pocahontas” (1995) dan “Tarzan” (1999) .
» Gerak Kontrol dan ScriptAnimasi
komputer yang paling modern menggunakan sistem kendali gerak yang
digunakan oleh animator untuk memanipulasi pembuatan sebuah objek, dan
kemudian memindahkan obyek telah yang melalui serangkaian pose. Metode
ini menghasilkan gerakan yang akan menghasilkan gambar gerakan akhir.
Animasi gerak kontrol pertama dilakukan dengan sistem scripting seperti
ASAS (Aktor Script Sistem Animasi). Dalam skenario ini, animator adalah
seorang programmer komputer yang menulis kode dalam bahasa komputer
untuk menghasilkan sebuah objek dan memberikan gerakan obyek itu.
Sebagai animasi komputer berkembang, sistem yang lebih interaktif
dikembangkan untuk memungkinkan animator untuk berinteraksi dengan
gambar dan benda-benda melalui antarmuka yang lebih abstrak. Kode
sekarang ditulis secara otomatis, berdasarkan masukan yang animator
membuat menggunakan antarmuka visual dan memanipulasi subjek dengan
mouse, keyboard atau perangkat input lainnya.
» CGI CompositingAnimasi
komputer juga digunakan di tempat teknik yang lebih tua dari film
animasi. Sejak adanya bioskop, unsur-unsur animasi telah ditambahkan
kedalam gambar difoto. Unsur-unsur lain, seperti model atau latar
belakang dicat, juga digunakan dan harus susah payah dipasangkan dengan
rekaman live-action. Ini melibatkan proses optik panjang di mana
berbagai elemen yang kembali difoto beberapa kali agar dapat composited
bersama menjadi satu gambar. Karena kompleksitas proses, efek khusus
yang mahal dan jarang digunakan dalam jumlah besar oleh semua tapi film
yang paling tinggi dibiayai.
Komputer citra yang dihasilkan mengubah
semua itu, yang memungkinkan pembuat film untuk menggunakan layar biru
atau hijau untuk memilih bagian dari film yang nantinya dapat dengan
mudah dihilangkan dengan komputer dan diganti dengan gambar dari sumber
lain, baik foto atau sepotong adegan animasi. Komputer compositing
animasi bahkan berfungsi di banyak konsumen tingkat program video
editing.
» Motion CaptureMotion
capture adalah jenis animasi komputer yang telah memperoleh banyak
minat dalam beberapa tahun terakhir. Motion capture ini bergantung pada
sensor kecil yang ditempatkan pada karakter di berbagai titik di sekitar
tubuh mereka. Para aktor melakukan dan gerakan mereka ditangkap oleh
kamera yang dapat menemukan sensor dan melacak gerakan mereka. Gerakan
ini kemudian dapat ditransfer ke komputer-tokoh yang dirancang akan
bergerak dengan cara yang persis sama seperti aktor lakukan.
Motion capture sangat signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara metode tradisional pembuatan film dan teknologi baru. Beberapa contoh dari motion capture termasuk, Gollum di film “Lord of the Rings”.
Motion capture sangat signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara metode tradisional pembuatan film dan teknologi baru. Beberapa contoh dari motion capture termasuk, Gollum di film “Lord of the Rings”.
» Animasi FlashSalah
satu jenis akhir animasi komputer adalah Flash animasi. Animasi Flash
merupakan salah satu nama untuk program Flash dari Adobe yang telah
mereka produksi, meskipun saat ini ada program lain yang juga
memungkinkan animator untuk menciptakan “flash” animasi. Walaupun
keterbatasan dalam hal gerakan dan gaya, namun Flash lebih murah untuk
memproduksi ,karena itu sekarang flash semakin meningkat popularitasnya.
Animasi Flash sering digunakan dalam iklan dan umum sebagai konten
video di situs Web.
Contoh Penggunaan Animasi Komputer
» Bidang Pendidikan
Animasi Komputer sering digunakan dalam
penyampaian materi di dalam kelas. Contohnya terjadinya hujan dll.
Animasi Komputer ini juga sering diaplikasikan ke dalam Game Edukasi
sehingga, anak dapat belajar sambil bermain
» Bidang Pertahanan dan Keamanan
Dalam bidang pertahanan dan keamanan, animasi komputer digunakan dalam simulasi perang.
» Bidang Entertainment
Dalam bidang entertaintment atau hiburan,
sering dijumpai banyak stasiun televisi yang menampilkan film atau
video yang menggunakan teknik animasi komputer.
» Bidang BisnisBanyak iklan yang menggunakan video yang menggunakan teknik animasi komputer.
» Bidang Hukum
Tak jarang animasi komputer digunakan dalam bidang hukum, misalnya pada ilustrasi kejadian atau peristiwa.
» Bidang Sosial
Iklan Layanan Masyarakat atau ILM, sering
juga menggunakan teknik animasi komputer. Contohnya : cara
menyelamatkan diri saat terjadi kebakaran,
» Bidang Politik
Bidang Politik pun ikut menggunakan teknik animasi komputer dalam berkampanye ke masyarakat, terutama saat mendekati pemilu.
» Bidang Agama
Cerita-cerita
orang terdahulu yang berkaitan dengan agama (Misal Kisah Nabi) sering
juga diilustrasikan dengan menggunakan teknik animasi komputer ini.
Perkembangan Animasi Komputer
Perkembangan animasi seiring dengan
perkembangan dunia pertelevisian. Pada awalnya diciptakanlah
animasi berbasis dua dimensi (2D Animation). Yakni objek yang dianimasi
mempunyai ukuran panjang (x-axis) dan lebar (y-axis)saja. Realisasi
nyata dari perkembangan animasi dua dimensi yang cukup revolusioner
berupa dibuatnya film-filmkartun. Seven Dwarfs (1937) dan Fantasia
(1940) dari Walt Disney adalah karya-karya film kartun yang
melegenda sampai sekarang. Bahkan beberapa tokoh-tokoh kartun buatan
Walt Disney yang lain masih dapat bertahan dan populer sampai saat ini
mekipun pembuatan film-film tersebut dikerjakan hampir 500 tahun yang
lalu.
Jika dibandingkan, sedikit sekali
tokoh-tokoh film layar lebar yang mampu bertahan sekian lamanya.
Pembuatan animasi film kartun itu sendiri pada awalnya dikerjakan dengan
membuat sketsa gambar yang digerakkan satu demi satu. Untuk membuat
satu durasi animasi membutuhkan jumlah gambar yang cukup banyak. Sejak
ditemukannya teknik animasi sel, maka pembuatannya menjadi lebih mudah.
Kertas gambar yang biasa dipergunakan diganti dengan kertas transparan
yang terbuat dari bahan celluloid sheet. Teknik animasi sel inilah yang
kemudian diadopsi dalam animasi komputer.
Kertas gambar dalam pembuatan animasi
sebelumnya kemudian diprogram menjadi frame di komputer. Sehingga
yang semula berupa kumpulan gambar-gambar maka di komputer hal tersebut
sudah merupakan kumpulan dari frame-frame yang tersusun dalam sebuah
alur waktu. Adanya perubahan pergerakan suatu objek yang dianimasi oleh
komputer dapat dibuat menjadi sebuah keyframe. Sehingga menjadi jauh
lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan animasi yang dilakukan
manual. Apalagi saat ini banyak aplikasi yang diciptakan guna
mempermudah dalam membuat animasi, misal flash, vegas, dll.
Istilah dalam Animasi Komputer

Timeline merupakan panel
yang menentukan frame dan durasi pada animasi. Timeline akan
menunjukkan dimana animasi akan terjadi, termasuk animasi
frame-by-frame, animasi tween dan motion path. Satuan yang digunakan
dalam timeline adalah frame per second (fps). Berfungsi mengontrol objek
yang akan dianimasikan. Timeline juga berfungsi menentukan kapan suatu
objek ditampilkan atau dihilangkan. Timeline berisi kumpulan frame.
Timeline dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan mengklik ikon
timeline.
Komponen pada timeline:- playhead
- keyframe
- header
- ikon guide layer
- tampilan menu timeline
- animasi frame-by-frame
- animasi tween
- timing
Keyframe
merupakan adalah frame kunci yang dapat berdiri sendiri. Pada Adobe
Flash, diumpamakan seperti kanvas yang berisi gambar. Apabila kita
tambahkan sebanyak 5 keyframe dan salah satu keyframe kita ubah
gambarnya tidak akan mempengaruhi gambar di keyframe yang lain. Keyframe
merupakan bagian dari frame yang digunakan untuk mengakhiri satu entuk
animasi. Biasanya, keyframe dtandai dengan titik hitam pada frame.
Blank keyframe adalah
keyframe yang tidak memiliki gambar/objek di dalamnya. Pada Adobe Flash,
diumpamakan seperti kanvas yang kosong tanpa ada coretan bahkan titik
di sana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar