Senin, 25 Agustus 2014

Animasi Komputer

Pengertian Animasi Komputer

Merupakan cara atau proses membuat animasi dengan menggunakan komputer. Animasi komputer atau animasi CGI(Computer generated Imagery) ini sendiri merupakan sebuah proses yang digunakan untuk menghasilkan sebuah gambar atau animasi itu sendiri dengan menggunakan komputer grafis. Dengan menggunakan Animasi CGI kita dapat membuat suatu animasi dengan adegan yang statis dan dinamis, sedangkan animasi komputer hanya mengacu pada sebuah gambar yang bergerak.
Pada dasarnya, animasi komputer merupakan penerusan dari animasi tradisional (stop motion) dengan digitalisasi. Animasi komputer ini menggunakan 3D (frame by frame) .



Sejarah Animasi Komputer

Animasi komputer pada awalnya dikembangkan di Bell Telephone Laboratories (1960) oleh Edward E. Zajac, Frank W. Sinden, Kenneth C. Knowlton, dan A. Michael Noll. Animasi digital lainnya juga dipraktekkan di Lawrence Livermore National Laboratory.
Awalnya, animasi komputer ini digunakan untuk penelitian ilmiah. Pertengahan 1970-an, teknik ini masuk ke media publik. Banyak komputer grafis saat ini yang melibatkan penggambaran 2-dimensi, meskipun semakin banyak, seiring daya komputer meningkat, upaya untuk mencapai 3-dimensi realisme menjadi penekanan untuk perkembangan animasi komputer. Pada akhir 1980-an, foto-realistis 3-D mulai muncul di film bioskop, dan pada pertengahan 1990-an telah dikembangkan ke titik di mana 3-D animasi dapat digunakan untuk produksi film keseluruhan.

Cara Kerja Animasi Komputer

Tipe dan Jenis Animasi Komputer

1. Tipe Animasi Komputer
  • Animasi 2D merupakan animasi yang sering dijumpai. Animasi 2D ini sering disebut sebagai animasi kartun. Pada tipe ini, animasi diciptakan dengan menggunakan gambar 2D. Contohnya : Doraemon, Sinchan, dll.
  • Animasi 3D merupakan perkembangan atau lanjutan dari animasi 2D. Pada animasi 3D ini, animasi diciptakan dengan menggunakan gamabr 3D tentunya.  Sehingga animasi yang dihasilkan lebih detail, realistis, nyata dan hampir menyerupai aslinya. Contohnya : Finding Nemo, Shrek, dll.
2. Jenis Animasi Komputer
 »    Komputer Assist
Beberapa contoh pertama dari animasi komputer komersial secara tradisional menggunakan bantuan komputer. Hal ini bisa dalam bentuk komputer  yang memproduksi ” perantara” atau gambar yang menghubungkan dua inputan yang sama oleh seniman (sehingga memungkinkan seniman untuk menggambar karakter lebih sedikit). Komputer animasi pembantu  pertama kali digunakan dalam sebuah film animasi di “The Mouse Detective Besar” Disney pada tahun 1986. Sebuah adegan dalam film berlangsung didalam jam, dan roda gigi mekanik kompleks benar-benar diberikan dalam komputer sebagai kawat-frame grafis sebelum dipindahkan ke sel, di mana mereka bersatu dengan unsur-unsur lain dari TKP. Teknik yang sama digunakan oleh Disney dalam film kemudian seperti “Beauty and the Beast” (1991), “Pocahontas” (1995) dan “Tarzan” (1999) .
 »  Gerak Kontrol dan ScriptAnimasi komputer yang paling modern menggunakan sistem kendali gerak yang digunakan oleh animator untuk  memanipulasi pembuatan sebuah objek, dan kemudian memindahkan obyek telah yang melalui serangkaian pose. Metode ini  menghasilkan gerakan yang akan menghasilkan gambar gerakan akhir. Animasi gerak kontrol pertama dilakukan dengan sistem scripting seperti ASAS (Aktor Script Sistem Animasi). Dalam skenario ini, animator adalah seorang programmer komputer yang menulis kode dalam bahasa komputer untuk menghasilkan sebuah objek dan memberikan gerakan obyek itu. Sebagai animasi komputer berkembang, sistem yang lebih interaktif dikembangkan untuk memungkinkan animator untuk berinteraksi dengan gambar dan benda-benda melalui antarmuka yang lebih abstrak. Kode sekarang ditulis secara otomatis, berdasarkan masukan yang animator membuat menggunakan antarmuka visual dan memanipulasi subjek dengan mouse, keyboard atau perangkat input lainnya.
 »  CGI CompositingAnimasi komputer juga digunakan di tempat teknik yang lebih tua dari film animasi. Sejak adanya  bioskop, unsur-unsur animasi telah ditambahkan kedalam gambar difoto. Unsur-unsur lain, seperti model atau latar belakang dicat, juga digunakan dan harus susah payah dipasangkan dengan rekaman live-action. Ini melibatkan proses optik panjang di mana berbagai elemen yang kembali difoto beberapa kali agar dapat composited bersama menjadi satu gambar. Karena kompleksitas proses, efek khusus yang mahal dan jarang digunakan dalam jumlah besar oleh semua tapi film yang paling tinggi dibiayai.
Komputer citra yang dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan pembuat film untuk menggunakan layar biru atau hijau untuk memilih bagian dari film yang nantinya dapat dengan mudah dihilangkan dengan komputer dan diganti dengan gambar dari sumber lain, baik foto atau sepotong adegan animasi. Komputer compositing animasi bahkan berfungsi di banyak konsumen tingkat program video editing.
 »    Motion CaptureMotion capture adalah jenis animasi komputer yang telah memperoleh banyak minat dalam beberapa tahun terakhir. Motion capture ini bergantung pada sensor kecil yang ditempatkan pada karakter di berbagai titik di sekitar tubuh mereka. Para aktor melakukan dan gerakan mereka ditangkap oleh kamera yang dapat menemukan sensor dan melacak gerakan mereka. Gerakan ini kemudian dapat ditransfer ke komputer-tokoh yang dirancang akan bergerak dengan cara yang persis sama seperti aktor lakukan.
Motion capture sangat signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara metode  tradisional pembuatan film dan teknologi baru. Beberapa contoh dari motion capture termasuk, Gollum di film “Lord of the Rings”.
 »   Animasi FlashSalah satu jenis akhir animasi komputer adalah Flash animasi. Animasi Flash merupakan salah satu nama untuk program Flash dari Adobe yang telah mereka produksi, meskipun saat ini ada program lain yang juga memungkinkan animator untuk menciptakan “flash” animasi. Walaupun keterbatasan dalam hal gerakan dan gaya, namun Flash lebih murah untuk memproduksi ,karena itu sekarang flash semakin meningkat popularitasnya. Animasi Flash sering digunakan dalam iklan dan umum sebagai konten video di situs Web.

Contoh Penggunaan Animasi Komputer 

 » Bidang Pendidikan
Animasi Komputer sering digunakan dalam penyampaian materi di dalam kelas. Contohnya terjadinya hujan dll. Animasi Komputer ini juga sering diaplikasikan ke dalam Game Edukasi sehingga, anak dapat belajar sambil bermain
 » Bidang Pertahanan dan Keamanan
Dalam bidang pertahanan dan keamanan, animasi komputer digunakan dalam simulasi perang.
 » Bidang Entertainment
Dalam bidang entertaintment atau hiburan, sering dijumpai banyak stasiun televisi yang menampilkan film atau video yang menggunakan teknik animasi komputer.
 » Bidang Bisnis
Banyak iklan yang menggunakan video yang menggunakan teknik animasi komputer.
 » Bidang Hukum
Tak jarang animasi komputer digunakan dalam bidang hukum, misalnya pada ilustrasi kejadian atau peristiwa.
 » Bidang Sosial
Iklan Layanan Masyarakat atau ILM, sering juga menggunakan teknik animasi komputer. Contohnya : cara menyelamatkan diri saat terjadi kebakaran,
 » Bidang Politik
Bidang Politik pun ikut menggunakan teknik animasi komputer dalam berkampanye ke masyarakat, terutama saat mendekati pemilu.
 » Bidang Agama
 Cerita-cerita orang terdahulu yang berkaitan dengan agama (Misal Kisah Nabi) sering juga diilustrasikan dengan menggunakan teknik animasi komputer ini.

Perkembangan Animasi Komputer

Perkembangan animasi seiring dengan perkembangan dunia pertelevisian. Pada awalnya diciptakanlah animasi berbasis dua dimensi (2D Animation). Yakni objek yang dianimasi mempunyai ukuran panjang (x-axis) dan lebar (y-axis)saja. Realisasi nyata dari perkembangan animasi dua dimensi yang cukup revolusioner berupa dibuatnya film-filmkartun. Seven Dwarfs (1937) dan Fantasia (1940) dari Walt Disney adalah karya-karya film kartun yang melegenda sampai sekarang. Bahkan beberapa tokoh-tokoh kartun buatan Walt Disney yang lain masih dapat bertahan dan populer sampai saat ini mekipun pembuatan film-film tersebut dikerjakan hampir 500 tahun yang lalu.
Jika dibandingkan, sedikit sekali tokoh-tokoh film layar lebar yang mampu bertahan sekian lamanya. Pembuatan animasi film kartun itu sendiri pada awalnya dikerjakan dengan membuat sketsa gambar yang digerakkan satu demi satu. Untuk membuat satu durasi animasi membutuhkan jumlah gambar yang cukup banyak. Sejak ditemukannya teknik animasi sel, maka pembuatannya menjadi lebih mudah. Kertas gambar yang biasa dipergunakan diganti dengan kertas transparan yang terbuat dari bahan celluloid sheet. Teknik animasi sel inilah yang kemudian diadopsi dalam animasi komputer.
Kertas gambar dalam pembuatan animasi sebelumnya kemudian diprogram menjadi frame di komputer. Sehingga yang semula berupa kumpulan gambar-gambar maka di komputer hal tersebut sudah merupakan kumpulan dari frame-frame yang tersusun dalam sebuah alur waktu. Adanya perubahan pergerakan suatu objek yang dianimasi oleh komputer dapat dibuat menjadi sebuah keyframe. Sehingga menjadi jauh lebih efektif dan efisien  dibandingkan dengan animasi yang dilakukan manual. Apalagi saat ini banyak aplikasi yang diciptakan guna mempermudah dalam membuat animasi, misal flash, vegas, dll.

Istilah dalam Animasi Komputer


Timeline merupakan panel yang menentukan frame dan durasi pada animasi. Timeline akan menunjukkan dimana animasi akan terjadi, termasuk animasi frame-by-frame, animasi tween dan motion path. Satuan yang digunakan dalam timeline adalah frame per second (fps). Berfungsi mengontrol objek yang akan dianimasikan. Timeline juga berfungsi menentukan kapan suatu objek ditampilkan atau dihilangkan. Timeline berisi kumpulan frame. Timeline dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan mengklik ikon timeline.
Komponen pada timeline:
  • playhead
  • keyframe
  • header
  • ikon guide layer
  • tampilan menu timeline
  • animasi frame-by-frame
  • animasi tween
  • timing
Keyframe merupakan adalah frame kunci yang dapat berdiri sendiri. Pada Adobe Flash, diumpamakan seperti kanvas yang berisi gambar. Apabila kita tambahkan sebanyak 5 keyframe dan salah satu keyframe kita ubah gambarnya tidak akan mempengaruhi gambar di keyframe yang lain. Keyframe merupakan bagian dari frame yang digunakan untuk mengakhiri satu entuk animasi. Biasanya, keyframe dtandai dengan titik hitam pada frame.
Blank keyframe adalah keyframe yang tidak memiliki gambar/objek di dalamnya. Pada Adobe Flash, diumpamakan seperti kanvas yang kosong tanpa ada coretan bahkan titik di sana.

Keterkaitan Antara Layer dan Frame

Tweening (Fungsi, cara kerja, jenis:perbedaan)

Tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir.

Masking dan Masking Layer (Fungsi, cara kerja)

Movie Clip Depth Level

 keterkaitan timeline antar movie clip?

hubungan layer dan frame dengan movie clip depth level

sumber:http://animasidasar.wordpress.com/2013/07/11/animasi-komputer-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar