Sabtu, 12 Maret 2016

Mengenal 5 Teknik Fotografi Profesional

Setelah memahami teknik fotografi dasar, sekarang saatnya kamu pelajari lebih dalam tentang teknik fotografi profesional yang sering digunakan fotografer master dalam membidik foto. Dengan demikian, kamu bisa meng-explore teknik fotografi lebih banyak lagi dengan pengetahuan yang lebih luas di bidang fotografi.


  1. Fotografi HDR (High Dynamic Range)

HDR adalah serangkaian teknik yang digunakan dalam bidang fotografi untuk memproduksi sebuah jangkauan cahaya dinamis yang lebih besar dibanding menggunakan teknik fotografi standar. Kamera non-HDR hanya bisa mengambil gambar dengan jangkauan pencahayaan terbatas, hasilnya kurang detail pada area gelap atau terang. Sementara teknik HDR mampu menutupi kekurangan ini dengan mengambil banyak foto pada tingkat pencahayaan berbeda dan menggabungkannya untuk menghasilkan foto dengan jangkauan tone yang lebih luas. Foto HDR dapat diolah di Photoshop atau PhotoMatrix.
el-guapo by Sven Fennema
(c) Photo by Sven Fennema | 1x.com
Golden Gate by vgm8383
(c) Photo by vgm8383 | flickr.com
Place Jacques Cartier by Bcharbon
(c) Photo by bcharbon | eyefetch.com

  1. Fotografi High Speed

Fotografi High Speed pada dasarnya adalah teknik menangkap gambar dengan shutter yang sangat cepat. Shutter speed untuk fotografi high speed jauh lebih cepat, 1/8000 detik. Dengan shutter speed yang lebih cepat, fotografer bisa membekukan momen dan menghilangkan blur. Mengambil high speed foto harus menggunakan lensa dengan aperture yang lebar, pencahayaan yang terang atau ketepatan pengaturan ISO. Ditambah lagi kamera harus memiliki sensor yang baik, shutter, dan lampu sorot yang baik.
Something new by Lucky Lucas
(c) Photo by Lucky Lucas | flickr.com
Splash dan Dan D
(c) Photo by Dan D. | flickr.com
Title by Chaval Brasil
(c) Photo by Chaval Brasil | flickr.com

  1. Fotografi Soft Focus

Foto soft focus dihasilkan dengan menggunakan kamera khusus yang menciptakan garis lembut di foto sedikit buram dan garis tepi yang tajam. Gaya foto ini sering diibaratkan dengan dreamy atau glamour style yang banyak digunakan untuk fashion atau wedding photography. Ada beberapa kamera modern yang dapat menghasilkan foto soft focus. Atau kamu bisa menggunakan cara yang lebih ekonomis dengan meletakkan lensa soft focus di depan lensa biasa kemudian memberikan efek di photoshop.
Have-a-nice-day-in-springtime Ernie
(c) Photo by Ernie | flickr.com
Sunflower-with-soft-focus by Rycha
(c) Photo by Rycha | eyefetch.com
Explore-highest Mat
(c) Photo by Mat | flickr.com

  1. Fotografi Infrared

IR fotografi adalah seni menangkap cahaya yang tak terlihat, sehingga disebut spektrum warna Infra Red. Saat ini sangat memungkinkan untuk memotret IR menggunakan kamera digital. Untuk menghasilkan foto IR, kamu memerlukan filter IR dan juga tripod. Di sini tripod berfungsi sebagai stabilizer saat memotret dengan menggunakan shutter speed yang lambat dan exposure kecil.

Infrared-Canyon-Grand  by Jerry Berry
(c) Photo by Jerry Berry | 1x.com
White-Christmas-Tree by Ronald Suello
(c) Photo by Ronald Suello | flickr.com
Fall-Season-Wonders by Uchinan-Chu
(c) Photo by Uchinan-Chu | deviantart.com

  1. Fotografi Fisheye

Fisheye memanfaatkan lensa fisheye dengan pandangan melingkar 180 derajat. Fotografer dapat menghasilkan foto dengan perspektif yang sangat berbeda, baik itu indoor atau outdoor. Angle yang super lebar dengan titik fokus tertentu mampu memberikan warna berbeda di foto yang dihasilkan. Pada awalnya, lensa fisheye dibuat untuk memotret seluruh awan demi kepentingan penelitian di bidang meteorologi.

Keep-a-tight-ass by anto XIII
(c) Photo by anto XIII | flickr.com
Guitar by 5y12u3k
(c) Photo by 5y12u3k | flickr.com
Horseshoe-Bend-Page-Arizona by Ian_Boys
(c) Photo by Ian_Boys | flickr.com

Luar biasa bukan foto-foto dari para fotografer profesional? Menjadi profesional tidak bisa mudah dicapai dengan cara yang instan. Jika ingin menjadi salah satu fotografer pro dengan karya yang menakjubkan, berlatihlah dengan tekun dan tidak mudah menyerah adalah kunci utamanya.

   sumber:http://www.idseducation.com/articles/mengenal-teknik-fotografi-profesional/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar